Program Guru Penggerak (PGP) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu kegiatan dalam program ini adalah pendampingan individu yang bertujuan untuk membantu calon guru penggerak (CGP) mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan pembelajarannya.
Pada tanggal 3-7 November 2023, CGP Angkatan 5 di Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan pendampingan individu. Kegiatan ini difasilitasi oleh pengajar praktik dan didampingi oleh instruktur.
Kegiatan pendampingan ke-5 CGP (Calon Guru Penggerak) mengusung tema “Rancangan Program yang Berpihak pada Murid”
Pendampingan individu difokuskan pada pengembangan 5 kompetensi inti CGP, yaitu:
- Pedagogik
- Kepemimpinan pembelajaran
- Keberpihakan pada murid
- Kerjasama dengan orang tua/wali murid dan komunitas
- Pengembangan diri dan refleksi
CGP mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan mempraktikkan berbagai strategi pembelajaran inovatif. Mereka juga mendapat masukan dan saran dari pengajar praktik dan instruktur untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya.
Kegiatan pendampingan individu ini diharapkan dapat membantu CGP dalam:
1. Refleksi Penerapan Aksi Nyata Modul 3.1
CGP dibimbing untuk merefleksikan penerapan aksi nyata yang telah dilakukan pada modul 3.1. Refleksi ini membantu CGP untuk memahami dampak dari aksi nyatanya terhadap murid dan pembelajaran.
2. Rancangan Program yang Berdampak pada Murid
CGP dibantu untuk merancang program yang berdampak pada murid. Program ini harus berdasarkan pada kebutuhan murid dan konteks sekolah.
3. Perkembangan Komunitas Praktisi dan Implementasi Rencana Lokakarya 3
CGP didorong untuk mengembangkan komunitas praktisi di sekolahnya. Komunitas ini menjadi wadah bagi CGP untuk berbagi praktik baik dan berkolaborasi dalam mengembangkan pembelajaran.
4. Penilaian Keterampilan Coaching untuk Supervisi Akademik
CGP dibimbing untuk mengembangkan keterampilan coaching dalam supervisi akademik. Keterampilan ini membantu CGP untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada rekan sejawatnya.
Langkah Langkah Pendampingan Program Individu 5 CGP
Sebagai seorang guru penggerak, perjalanan Anda dalam mengembangkan diri dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan memerlukan dukungan yang berkelanjutan.
Salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui program pendampingan individu, yang kini menghadirkan Program Pendampingan Individu 5 CGP.
Program ini bertujuan untuk mendampingi Calon Guru Penggerak (CGP) dalam menerapkan pembelajaran daring dan lokakarya secara efektif.
Pendampingan individu bukan sekadar mengawasi, tetapi lebih kepada memberikan dukungan, memotivasi, dan mendiskusikan solusi untuk tantangan yang dihadapi.
Dalam setiap pertemuan bulanan, Anda akan dibantu untuk merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Ini melibatkan aktivitas seperti refleksi, berbagi pengalaman, dan kolaborasi dengan sesama guru.
Awal Pendampingan
1. Persiapan Awal Pendampingan (10 Menit)
Langkah awal pendampingan dimulai dengan menjelaskan fokus pendampingan kepada Guru Penggerak (CGP). Pengajar Praktik (PP) memastikan CGP memahami aktivitas yang akan dilakukan dan menanyakan proses yang sudah berlangsung selama satu bulan terakhir.
Hal ini dilakukan berdasarkan jurnal pemantauan pembelajaran daring. Penghargaan dan apresiasi juga diberikan atas praktik baik yang telah dilakukan dalam pembelajaran daring.
2. Bagian Inti Pendampingan (160 Menit)
a. Penerapan Aksi Nyata Modul 3.1 (30 Menit)
CGP berdiskusi mengenai pengalaman dan refleksi dari penerapan aksi nyata modul 3.1, terutama terkait pembuatan peta sumber daya dan proses pengambilan keputusan. Pertanyaan-pertanyaan pematik digunakan untuk memudahkan refleksi.
b. Rancangan Program yang Berdampak pada Murid (30 Menit)
Diskusi dilakukan mengenai rancangan program yang sudah ada di sekolah, dengan fokus pada program yang berpihak kepada murid. Reviu bersama CGP dilakukan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi tantangan dalam melaksanakan rancangan program.
c. Perkembangan Komunitas Praktisi (30 Menit)
CGP membahas perkembangan komunitas praktisi di sekolah serta implementasi rencana dari lokakarya sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan diajukan untuk menggali pemahaman CGP terhadap peran dan rencana komunitas praktisi di lingkungan sekolah.
d. Dialog Pasca-Observasi Pembelajaran (70 Menit)
CGP mempresentasikan tujuan dan hasil analisis data observasi pembelajaran ke rekan sejawat, serta melakukan percakapan umpan balik dan perencanaan area pengembangan diri. Proses ini diamati dan dinilai oleh PP menggunakan rubrik penilaian yang tersedia.
3. Bagian Akhir Pendampingan (10 Menit)
a. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan, mempertimbangkan apa yang sudah dikuasai dan masih membingungkan dari materi yang dipraktikkan.
b. Mengapresiasi praktik baik yang telah dilakukan dalam pembelajaran daring.
c. Mengingatkan CGP untuk menyebarkan dan mengumpulkan survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360) serta melakukan diskusi terkait pemetaan aset dengan kepala sekolah.
d. Mencatat hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator dalam jurnal komunikasi di LMS.
Jurnal Pendampingan Program Individu 5 CGP
Jurnal pendampingan adalah catatan yang penting untuk melacak perkembangan dan pencapaian CGP selama proses pendampingan individu.
Dalam pembuatan jurnal, setiap pengajar praktik diminta untuk mencatat hasil catatan berdasarkan setiap kolom yang telah disediakan, sesuai dengan jumlah CGP yang mereka dampingi. Catatan ini mencakup diskusi, refleksi, dan langkah-langkah yang diambil selama sesi pendampingan.
Rencana Tindak Lanjut Program Individu 5 CGP
Rencana tindak lanjut (RTL) sangat penting untuk memastikan kelangsungan proses pendampingan yang terencana dan berkelanjutan.
Pengembangan RTL dilakukan oleh pendamping dengan mempertimbangkan apa yang telah dipelajari oleh CGP serta capaian yang telah tercapai selama pendampingan sebelumnya. Komunikasi yang terbuka antara pendamping dan fasilitator juga diperlukan untuk menghasilkan pendampingan yang maksimal.
Unggah Dokumentasi Kegiatan Program Individu 5 CGP
Unggah dokumentasi kegiatan merupakan langkah untuk membagikan dan menyimpan berbagai media terkait dengan aksi nyata CGP dalam proses pendampingan.
Dokumentasi ini bisa berupa video, rekaman, foto, atau dokumen lain yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan, seperti daftar hadir. Hal ini membantu dalam memperjelas proses pendampingan dan memungkinkan pemantauan yang lebih baik terhadap kemajuan CGP.
Penilaian Keterampilan Coaching untuk Supervisi Akademik
Penilaian keterampilan coaching merupakan tahapan untuk mengevaluasi kemampuan pendamping dalam memberikan supervisi akademik kepada CGP. Melalui rubrik yang telah disediakan, pengajar praktik diminta untuk memberikan penilaian terhadap keterampilan coaching CGP.
Penilaian ini mencakup berbagai aspek, seperti kemampuan dalam memberikan umpan balik, membimbing refleksi, dan mendukung pengembangan profesional CGP.
Tujuan Program Pendampingan Individu 5 CGP
Dari hasil pendampingan yang dilakukan di MTSN 1 Tuban, saya dapat menyimpulkan bahwa rancangan Program Pendampingan Individu (PPI) 5 CGP (Calon Guru Penggerak) memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:
1. Meningkatkan Keterampilan Pedagogik CGP
- PPI 5 dirancang untuk membantu CGP dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan pedagogiknya. Hal ini meliputi:
- Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid
- Memilih dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat
- Menilai dan mengevaluasi hasil belajar murid
- Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada murid
2. Memperkuat Kepemimpinan Pembelajaran CGP
- PPI 5 juga bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan pembelajaran CGP. Hal ini meliputi:
- Mendorong CGP untuk menjadi pemimpin pembelajaran di sekolahnya
- Membantu CGP dalam mengembangkan visi dan misi pembelajaran yang jelas
- Melatih CGP dalam mengelola dan memimpin tim
- Mendorong CGP untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan
3. Meningkatkan Keberpihakan CGP pada Murid
- PPI 5 dirancang untuk meningkatkan keberpihakan CGP pada murid. Hal ini meliputi:
- Membantu CGP dalam memahami kebutuhan dan karakteristik murid
- Mendorong CGP untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid
- Melatih CGP dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar murid
4. Memperkuat Kerjasama CGP dengan Orang Tua/Wali Murid dan Komunitas
- PPI 5 juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama CGP dengan orang tua/wali murid dan komunitas. Hal ini meliputi:
- Membantu CGP dalam membangun komunikasi yang efektif dengan orang tua/wali murid
- Mendorong CGP untuk melibatkan orang tua/wali murid dan komunitas dalam proses pembelajaran
- Melatih CGP dalam menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan
5. Mendorong Pengembangan Diri dan Refleksi CGP
- PPI 5 dirancang untuk mendorong CGP dalam mengembangkan diri dan melakukan refleksi. Hal ini meliputi:
- Membantu CGP dalam mengembangkan potensi diri
- Mendorong CGP untuk melakukan refleksi terhadap praktik pembelajarannya
- Melatih CGP dalam mengembangkan budaya belajar yang berkelanjutan
Secara keseluruhan, PPI 5 bertujuan untuk membantu CGP dalam menjadi guru yang inspiratif dan berdampak positif bagi murid-muridnya.
Berikut beberapa poin penting lainnya terkait Program Pendampingan Individu 5 CGP:
- PPI 5 dirancang berdasarkan hasil asesmen diagnostik dan kebutuhan belajar CGP
- PPI 5 difasilitasi oleh pengajar praktik dan didampingi oleh instruktur
- PPI 5 dilaksanakan secara individual dan berkelompok
- PPI 5 merupakan bagian dari program PGP yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek
Dengan menjalankan tahapan-tahapan diatas secara sistematis dan terstruktur, diharapkan pendampingan individu bagi CGP dapat memberikan manfaat yang optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Komitmen dan kolaborasi antara pendamping, CGP, dan fasilitator sangatlah penting dalam menjalankan proses pendampingan yang efektif dan berkelanjutan.